Sabtu, 11 Juni 2016

Salon Griya Cantik Nana


SALON GRIYA CANTIK NANA
Makalah Ini Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Business Practice 4 Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA Malang


Oleh :
Kelompok 8
Defi Maysaroh                                    14102077
Liza Ikrima Fauzi                                14102042
Martha Sutikno                                   14102038
Yusiliya Anggraeni                             14102176





JURUSAN AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ASIA MALANG
Juni 2016



BAB I
PEMBAHASAN

1.    Salon
Salon adalah tempat yang sering didatangi para kaum hawa sebagai tempat untuk mempercantik diri sekaligus meningkatkan suasana hati. Disinilah para wanita bisa dimanjakan dan diberi layanan yang memuaskan mereka tanpa membuat mereka repot. Kebanyakan kaum hawa mengunakan salon sebagai tempat untuk memperindah dan mempercantik tubuh, dengan perawatan yang baik dan bersih, maka dengan sendirinya terbentuk tubuh yang sehat.
Banyak jenis perawatan yang ditawarkan di salon, salah satu perawatan yang sering dilakukan perempuan di salon adalah facial, creambath, body spa. Adapun bidang usaha yang diminati adalah salon, dengan alasan kebutuhan akan jasa kecantikan ini tidak akan pernah habis. Terutama wanita yang sedari dulu sudah sangat sadar perlunya perawatan dari ujung kaki sampai ujung kepala. Walau banyak alternatif perawatan tubuh yang dapat dilakukan sendiri dirumah, beberapa hal tetap harus dibantu oleh orang lain misalnya gunting rambut dan blow. Lagi pula pada dasarnyawanita senang dimanjakan,sehingga walaupun bisa mencuci rambut sendiri, luluran, cream bath, facial,atau gunting kuku mereka tetap saja jika orang lain yang mengerjakannya. Layaknya putri raja yang dilayani putri dayang begitulah perasaan wanita di salon.
Pangsa pasar usaha salon kecantikan masih sangatlah besar karena jumlah orang yang tidak punya waktu untuk merawat sendiri kecantikannya akan semakin besar. Mereka inilah yang membuat potensi pasar usaha kecantikan terus akan meningkat dari waktu ke waktu.
Salon Griya Cantik Nana berdiri sejak tahun 2009. Pemilik sekaligus pendirinya yang bernama Diyah Ayu Larasati berinisiatif menciptakan bisnis ini didorong hobby nya di bidang kecantikan sejak masih sekolah.
Awal mula salon ini hanyalah salon rumahan biasa bernama Wulandari. Salon itu dulunya hanya melayani potong dan perawatan rambut. Dengan berkembangnya zaman, Diyah memutuskan mengikuti pelatihan-pelatihan dan kursus kecantikan sehingga memberanikan diri membesarkan salonnya di tengah kota. Sekarang, salon tersebut berubah nama Griya Cantik Nana dan beralamatkan di Jl. Dewandaru 29 Malang.
Salon Griya Cantik Nana memberikan pelayanan perawatan rambut, kulit, dan rias pengantin. Untuk menarik pelanggan, Diyah pun melakukan kerja sama dengan seorang dokter spesialis kulit dan wajah. Sekarang, ada kurang lebih dua puluh produk yang diberikan oleh Griya Cantik Nana.
Jenis-jenis perawatan Wajah
1.      Facial
2.      Facial Acne
3.      Facial Whitening
4.      Serum Whitening
5.      Serum Acne
6.      Bio Herbal
7.      Peeling
8.      Totok Wajah
9.      Ear Candle
10.   Eye Treatment
11.  Lips Treatment
12.  Neck Treatment
13.  Cabut Alis
14.  Wave Bulu Mata

Make Up dan Hair Style
1. Make Up + Hair Style Party
2. Make Up + Hair Style Wisuda

Perawatan Tubuh
1.      Body Massage
2.      Body Srub
3.      Body Relaxing
4.      Body Whitening
5.      Back Tretment
6.      V-ratus
7.      Foot Spa
8.      Hand Spa
9.      Paket Foot and Hand Spa
10.  Manicure
11.  Pedicure
12.  Paket Manicure & Pedicure
13.  Kutex Tangan
14.  Kutex kaki
15.  Refleksi tangan
16.  Refleksi kaki

2.    Pangsa Pasar
Karena Griya Cantik Nana berada di kawasan kampus dan kos mahasiswa, maka sebagian besar pelanggan tetap Griya Cantik Nana adalah kalangan mahasiswa khususnya kalangan Wanit dan Hijaber. Karena Griya Cantik Nana hanya melayani wanita sehingga para hijaber ataupun muslimah lainnya tidak perlu khawatir auratnya terlihat kaum lelaki.
Saat ini Griya Cantik Nana memiliki dua karyawan ditambah Diyah dan dokter spesialis sebagai tenaga kerja tambahan. Satu karyawan di bagian Perawatan Rambut, satu di perawatan tubuh, sedangkan Diyah menghandle semua bagian yang membutuhkan dan dokter khusus untuk perawatan kulit.
Griya Cantik Nana awalnya memasarkan salonnya hanya dari mulut ke mulut, tapi. seiring perkembangan zaman, Griya Cantik Nana mulai dikenalkan di media cetak lewat brosur, banner, pamflet sedangkan media online lewat media sosial. Untuk menarik pelanggan, Griya Cantik Nana memberikan banyak promo dan diskon.

3.    Proses Pelayanan
Secara umum, semua proses hampir sama. Namun bedanya salon ini dengan yang lainnya terletak di pelayanannya. Griya cantik Nana mengedepankan kenyamanan dan kepuasan pelanggan sehingga banyak testimoni positif mengenai Griya Cantik Nana.
Setiap pelanggan yang datang ke Griya Cantik Nana akan disambut dan diberi buku menu yang berisi produk-produk yang ada. Setelah selesai memilih, pelanggan akan diajak konsultasi keluhan dan keinginannya. Pelanggan yang akan melakukan perawatan akan disuruh mengganti pakaian dengan baju khusus. Semua barang pribadi yang dibawa pelanggan ke salon akan diletakkan di dalam loker agar aman. Karyawan akan langsung memulai perawatan yang diinginkan oleh pelanggan setelah proses tersebut selesai. Setiap pegawai berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan sangat berhati-hati dan mengikuti prosedur yang ada. Setelah proses perawatan selesai, pelanggan akan disuruh mengganti pakaiannya kembali dan melakukan proses pembayaran sebelum pulang. Setelah selesai, para karyawan akan mengucapkan terima kasih dan mengarapkan kedatangan mereka kembali.

4. Flowchart


BAB II
LAMPIRAN
A.           WAWANCARA
1.        Kapankah salon Anda didirikan?
-          Saya mendirikan salon ini di tahun akhir 2009
2.        Apa motivasi dan tujuan Anda mendirikan salon ini?
-          Saya sangat menyukai dunia kecantikan sejak kecil, lalu ketika masuk SMK saya mengambil jurusan tata rias dan melanjutkan ke pendidikan informal di bidang kecantikan, khususnya rambut dan kulit. Tujuan saya membuka salon ini adalah untuk menyediakan salon khusus perempuan yang ingin sekali memanjakan diri mereka dan juga penghasilan yang lumayan menarik, apa lagi ini adalah hobby saya.
3.        Apakah sejak dulu nama salon ini tetap sama? Apakah pernah berubah?
-          Saya pertama kali mendirikan salon ini dengan nama ‘Wulandari’, tapi tak lama setelah itu saya berunding dengan beberapa rekan dan keluarga, saya memutuskan mengubah nama salon ini menjadi ‘Griya Cantik Nana’.
4.        Bagaimana cara Anda mempromosikan salon Anda?
-          Awalnya saya membagikan brosur-brosur kepada para mahasiswa yang ada di kampus, kadang juga saya mempromosikan lewat media sosial. Tapi sejauh ini, saya hanya perlu membuat promo-promo karena sekarang salon saya sudah cukup terkenal di kalangan wanita lewat mulut ke mulut.
5.        Jam operasional salon Anda?
Salon kami buka setiap hari kecuali Selasa. Kami buka dari jam sembilan pagi hingga jam tujuh malam.
6.        Produk apa saja yang Anda tawarkan pada pelanggan Anda?
-          Di sini kami menawarkan banyak jenis perawatan. Ada banyak perawatan rambut, wajah, tubuh. Kami juga melayani jasa rias pengantin.
7.        Dalam melakukan usaha ini, apakah ada kendala yang Anda alami?
-          Saya rasa persaingan yang begitu ketat karena banyaknya salon di kota Malang, baik yang sudah lama berdiri maupun yang baru.
8.        Bagaimana Anda mengatasi kendala itu?
-          Promosi dengan memberikan diskon, membagikan brosur, dan pelayanan yang memuaskan.

9.        Menurut Anda, apa kelebihan salon Anda dibanding yang lainnya?
-          Salon saya mengutamakan pelayanan, harga lebih murah dibanding yang lain dengan kualitas terbaik, ontime, dan dikhususkan untuk wanita sehingga untuk para hijabers, mereka tak perlu khawatir aurat mereka terlihat oleh lawan jenis.
10.    Berapa omset salon ini dalam satu bulan?
-          Kurang lebih bisa mencapai lima belas juta dalam satu bulan.


Gambar-gambar hasil kunjungan:


















0 komentar:

Posting Komentar

 

Liza Ikrima Fauzi's Journal Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang