Sabtu, 30 Juli 2016

Profesi Unik - Tukang Asah Pisau dan Gunting

Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian atau ketrampilan dari pelakunya. Biasanya sebutan profesi selalu dikaitkan dengan pekerjaan atau jabatan yang dipegang oleh seseorang, akan tetapi tidak semua pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi, karena profesi menuntut keahlian para pemangkunya. Hal ini mengandung arti bahwa suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidaak dapat dipegang oleh semua orang, akan tetapi memerlukan suatu persiapan melalu pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan khusus. Namun tidak semua profesi dapat di pelajari di dunia pendidikan dan pelatuhan khusus, ada beberapa profesi yang di lakukan secara otodidak dan tidak semua orang bisa melakukannya yang kami sebut sebagai profesi unik. Salah satunya adalah profesi tukang asah pisau dan gunting.

Pisau dan gunting adalah alat bantu untuk memotong benda, hal ini dikarenakan gunting dan pisau memiliki sisi yang panjang dan kedua benda ini sangat membantu ibu-ibu rumah tangga dalam melalukan pekerjaan rumahnya contonya dalam bidang memasak. Setelah pemakainan berkali-kali pisau dan gunting ini tidak tajam lagi sehingga kebanyakan orang akan membuang dan membeli lagi pisau dan gunting yang baru, pada kenyataannya pemakai tidak perlu membeli baru untuk mendapatkan pisau dan gunting yang tajam lagi setelah pemakainan berulang kali. Maka disinilah terdapat profesi unik yaitu untuk mengasah pisau dan gunting.

Tukang asah pisau dan gunting yang kami ketahui satu-satunya di kota Malang yang bernama bapak Ngatiran yang bertempat tinggal di jalan kolonel sugiono 2 no 35 Malang. Bapak kelahiran 19 Mei 1941 bekerja sebagai tukang asah pisau dan gunting sejak tahun 2003 sampai saat ini, beliau biasanya memulai pekerjaan jasa asah pisau dan gunting pukul 8 pagi hingga 12 siang menggunakan sepeda yang dibelakangnya diberi kotak untuk peralatan asah yang menunjangkan pekerjaannya.

Munculnya ide menjual jasa asah pisau dan gunting berawal dari perbotan alat bantu memasak seperti pisau dan guntung istri bapak Ngatiran yang fungsinya tidak secara maksimal karena sudah berkarat dan tidak tajam lagi. Dengan pemikiran dari pada membeli pisau dan gunting yang baru lebih baik memperbaiki dengan cara mengasah gunting daan pisau tersebut, lama kelamaan tetangga-tetangga bapak ngatiran meminta bantuan bapak ngatiran untuk mengasahkan pisau dan guntingnya dan memberi imbalan atas jasa bapak Ngatiran.

Dari sini muncul pemikiran untuk menciptakan sebuah profesi  yang jarang ada dan tidak semua orang bisa yaitu Tukang Asah Pisau dan Gunting. Bapak Ngatiran biasanya berkeliling disekiraan kota Malang seperti di daerah Sawojajar, Sulfat, triwulan, perumahan Araya, perumahan dieng dan lain sebagainya. Pada awalnya bapak Ngatiran memiliki teman seprofesi yang sekarang ini tidak ada karena orangnya sudah meninggal, dan menurut bapak Ngatiran beliau adalah satu-satunya tukang asah pisau dan gunting di kota Malang. Kebanyakan yang menggunakan jasa bapak Ngatiran adalah Ibu-Ibu rumah tangga dan rumah sakit untuk mengasah pisau operasi.

Pendapatan bapak ngatiran tidak menentu, jika banyak yang menggunakan jasanya dalam 1 hari bapak ngatiran dapat mendapatkan upah hingga Rp. 50.000,- namun minimum pendapatan bapak ngatiran sebesar Rp. 20.000,- dalam 1 hari. Untuk jasa bapak ngatiran mematok harga sebesar Rp. 2.000,- namun pelanggan yang sudah menjadi langganan tetap bapak ngatiran memberikan lebih.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Liza Ikrima Fauzi's Journal Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang