Sabtu, 30 Juli 2016

Perusahaan Manufaktur

Pengertian Manufaktur

Manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi untuk dijual.
Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia, dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi, namun demikian istilah ini lebih sering digunakan untuk dunia industri, di mana bahan baku diubah menjadi barang jadi dalam skala yang besar.
Manufaktur ada dalam segala bidang sistem ekonomi. Dalam ekonomi pasar bebas, manufakturing biasanya selalu berarti produksi secara masal untuk dijual ke pelanggan untuk mendapatkan keuntungan.

Beberapa industri seperti semikonduktor dan baja lebih sering menggunakan istilah fabrikasi dibandingkan manufaktur. Sektor manufaktur sangat erat terkait dengan rekayasa atau teknik.

Untuk lebih jelasnya, kami menggunakan usaha 'Pempek 2 Putri' sebagai contoh.



Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dan sagu. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat- coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Cuko adalah teman makan pempek yang setia, dibuat pedas untuk menambah nafsu makan.
Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badarudin II berkuasa di Kerajaan
Sriwijaya. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan apek, yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Jenis-Jenis Pempek
a.      Pempek Kapal Selam
Pempek kapal selam adalah pempek yang isinya adalah satu buah butir telor utuh. penamaan kapal selam berasal dari keunikan ketika merebus pempek. Ketika kita memasukkan pempek pertama kali kedalam panci berisi air (syarat merebus pempek, airnya harus lebih, tidak boleh sedikit) maka pempek kapal selam ini akan tenggelam di dasar panci. Uniknya, tanda bahwa pempek tersebut sudah matang adalah saat si pempek naik ke atas permukaan air dan mengapung, oleh karena itu pempek jenis ini dinamakan pempek kapal selam.
b.      Pempek Lenjer
Pempek lenjer murni terbuat dari adonan ikan, tidak ada campuran telor seperti pempek kapal selam. Bedanya, pempek lenjer dibuat lonjong memanjang. Karena besar dan panjang, setelah direbus, pempek lenjer dipotong kecil kecil baru kemudian digoreng.
c.       Pempek pastel
Pempek Pastel ini mempunyai bentuk mirip jajanan pastel. Bahan isi utamanya adalah pepaya muda, yang bisa jadi perpaduan yang pas dengan adonan ikan tengirinya karena mempunyai kandungan gizi yang saling melengkapi.
e.       Pempek tahu
Pempek Tahu merupakan salah satu jenis pempek palembang. pempek ini adalah salah satu favorit pempek para pengemar makanan khas Palembang.

f.       Pempek panggang
Sebenarnya adonannya sama dengan pempek pada umumnya. Yang membedakan pempek panggang dengan pempek biasa lainnya adalah cara memasaknya. Pempek panggang dimasaknya jelas dengan cara dipanggang  Hal lain yang membedakan adalah bumbu tambahannya. Jadi, bentuk pempek panggang ini bulat. Trus, bagian tengahnya dibelah, trus di bagian itu dikasi eby dan sambal. Saya kira bisa dimakan tanpa kuah pempek, ternyata memang lebih enak kalau dimakan pake kuah pempek.
g.      Pempek kulit
  
Daya tahan pempek relatif rendah, yaitu hanya tahan sekitar tiga hari pada suhu kamar.
Jika disimpan di dalam refrigerator (lemari pendingin), daya tahannya meningkat hingga sekitar empat minggu. Kombinasi pengemasan secara vakum dan penyimpanan beku dalam freezer, dapat meningkatkan daya awet empek-empek hingga 40 hari lebih. Penyimpanan yang terlalu lama akan menyebabkan terbentuknya lendir pada permukaan produk dan menimbulkan citarasa yang tidak enak. Produsen pempek berusaha memperpanjang daya awet dengan cara meniriskan air yang menempel pada permukaan pempek dengan kain bersih. Untuk pemasaran ke luar daerah, permukaan pempek biasanya dilumuri dengan tepung tapioka agar tetap kering.


 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Liza Ikrima Fauzi's Journal Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang